Rabu, 01 Februari 2012

Alami Menjaga Kebersihan dan Kecantikan Wajah

Alami Menjaga Kebersihan dan Kecantikan Wajah
“ Kecantikan adalah karunia yang sangat rapuh…”
-Ovid-
Nah , topic yang kayak gini nih biasanya peminatnya mayoritas cewek-cewek meskipun tidak menutup kemungkinan sih kalo cowok juga diem-diem berminat . Secara , siapa coba yang nggak mau wajahnya selalu kelihatan seger , cerah ,dann bersih bersinar..sunlight !#hloh -- . Yap .Semua orang mau itu , bahkan semua kalangan , nggak pandang umur , derajat social , tingkat pendidikan , jumlah anak , jumlah cucu dsb . haha ngaco ini .
Wajah cantik ,manis, kulit mulus , putih , kuning langsat , sawo matang , negro , atau apapun lah jenis nya , semua itu adalah karunia dari Allah SWT yang wajib kita jaga . Menjaga di sini maksud saya adalah bukan mengubah karunia luar biasa tadi menjadi apa yang diinginkan manusia demi kecantikan sempurna , tapi merawat , menjaga , dan memelihara dari apa yang sudah ada agar tetap terjaga baik dan terhindar dari segala macam virus , penyakit , bakteri  ataupun segala hal yang berbau merusak .
Saat ini , banyak usaha-usaha orang demi mendapat apa yang diinginkannya untuk kesempurnaan khususnya kecantikan wajah . Banyak “beauty center” yang gembar-gembor promo kesana kemari memamerkan produk andalan mereka . Memang ada baiknya juga hal itu bagi sebagian pihak khususnya pihak produsen itu sendiri , mereka jelas juga sama-sama mencari uang penyambung hidup kan ? nggak salah juga . Tapi sebagai konsumen , kita juga berhak memilih apa yang terbaik bagi kita . Produk yang mereka tawarkan mayoritas adalah produk dari obat-obatan dan bahan kimia . Meskipun ada beberapa yang cocok dan mendapatkan hasil yang memuaskan , tapi bagaimanapun juga yang namanya bahan kimia ya tetap ada bahayanya , ada efek sampingnya . Bahan kima , obat-obatan , krim A , krim B , krim C, bla bla bla dsb akan bermanfaat jika digunakan tepat pada sikon nya dan asalkan cocok dengan kulit serta kantongnya, menurut saya tak apalah hehe . Kecuali suntik botox , suntik silicon , dan macam operasi lain yang bertujuan merubah secara permanen dan langsung , itu dilarang agama menurut saya .Jadi , intinya saja ya..maksud saya ya ayolah mari kita coba memanfaatkan produk-produk alami sederhana yang ada di sekitar kita dan pastinya praktis ! nggak usah ambil repot lah..hehe .
Lalu kira-kira apa saja ya yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga anugrah tak ternilai harganya itu tadi?
  1. Nggak usah repot-repot , menurut saya hal utama yang harus di lakukan demi terjaga dan terhindar dari kotoran di wajah adalah dengan mencuci muka secara rutin 2 kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang pH-nya  sedikit asam agar terhindar dari jerawat karena bakteri penyebab jerawat , “proporni bacterium sp” termasuk bakteri yang BTA negative(tidak tahan asam).
  2. Jika ingin langsung menggunakan bahan-bahan alami , ada konsekuensi yang harus di taati secara pribadi dan sadar diri , yaitu ketlatenan dan rutin . Bahan tersebut misalnya adalah belimbing wuluh yang ditumbuk lalu diberi garam dan air kemudian dibasuhkan ke muka . Belimbing wuluh mengandung dapat membersihkan jerawat karena bersifat sejuk ,segar, bersifat antiradang dan astrigen(memperkecil pori-pori wajah) .
  3.  Selain belimbing wuluh , bisa juga digunakan irisan jeruk nipis/tomat segar  yang dioleskan pada malam hari sebelum tidur lalu dibersihkan keesokan harinya .Apa susahnya sih malem-malem sebelum tidur kita relain buat ngiris jeruk nipis / tomat lalu di usapin gitu saja di muka?(sebenernya konsistensi dan ketekunan lah yang susah , biasanya cuma bertahan beberapa hari saja , setelah itu..wassalam..hehe) . Ini dilakukan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat yang bersifat BTA negative tadi .(makul biokimia , pak zaen :) hhe)
  4. Masih banyak lagi bahan alami untuk mengatasi  jerawat , misalnya masker kentang ,masker temulawak,daun dewa dan mahkota dewa,tumbukan pucuk daun jambu batu,lidah buaya(plus menghaluskan kulit) . Lalu untuk bekas jerawat flek hitam ,bisa digunakan masker jagung atau bengkoang
  5. Membasuh wajah dengan air es juga bisa memperkecil potensi munculnya jerawat karena sel-sel kulit wajah yg terkena air dingin dapat mengalami vasokontriksi yaitu mengerutnya sel tersebut sehingga pori-pori pun menutup dan minyak yang dikeluarkan sedikit .(makul fisiologi nih dibawa-bawa , bu Tutu --).
Segala upaya di atas tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak dilakukan dengan rutin dan konsisten. Jadi sangat butuh ketekunan dan ketlatenan luar biasa agar maksimal . Itulah masalah utama yang jadi penghalang , kebanyakan dari kita hanya mencoba beberapa kali dan setelah merasa belum ada perubahan , maka kita akan menghentikannya , bukan begitu ? haha curcol nih -___-  .Padahal yang namanya cara alami itu beda sama cara kimiawi , kimiawi cenderung instan dengan berbagai efek samping , sedangkan alamiah itu bertahap melewati proses yang sedikit demi sedikit tapi pasti . Seperti kata orang bijak , di dunia ini tidak ada sesuatu yang instan dan sempurna . Semua itu butuh proses . (cieee #pak zaen mana pak zaen :p haha ).
Selain hal-hal di atas ,banyak juga kalangan wanita yang mencari berbagai cara agar selalu tampak lebih muda dan awet muda (kaum ibu-ibu berkepala  lebih dari 2 , khususnya) . Menginjak usia 40an ke atas , kondisi kulit mulai mengalami penurunan pertumbuhan . Kulit akan menjadi lebih kusut , kusam dan tidak kencang lagi bahkan mulai timbul guratan-guratan tipis dan kerutan usia yang mulai Nampak . Hal ini disebabkan oleh penurunan aktifitas hormone yang dipengaruhi oleh factor usia dan perubahan siklus hormonal keseluruhan . Penyebab  kulit menjadi tidak kencang ini dikendalikan oleh kolagen yang yang berfungsi merangsang hormone pertumbuhan . Wah ,kalo udah masa-masa kayak gini nih , di jamin para kaum wanita yang sangat memperhatikan penampilan mulai melakukan serentetan perawatan . Biasanya mereka akan melakukan pelaseran , suntik botox , dan siliconisasi .Pasti deh biaya nya nggak maen-maen , dan pemborosan .
Yang namanya tua , keriput , lembek , ya udah sepaket lah dari sono nya . Inget , tua itu juga karunia dari Allah Swt lho..Berarti karunia juga hrus dijaga dong ? Iya boleh , menjaga atau merawat apa yang sudah diberikan itu lebih baik daripada merubah segalanya kan?hehe.
Jika masih bersikukuh dengan keinginannya untuk merawat karunia tua tadi , alangkah lebih baik pakai yang alami dan simple . Aku pernah lihat di suatu acara di stasiun TV swasta , disitu menyiarkan berbagai cara alami mengatasi penuaan . Diantaranya adalah dengan terapi suntik lebah menggunakan racunnya . Dalam racun lebah tersebut diketahui mengandung zat kolagen yang akan membantu pengaktifan hormone sehingga mengencangkan dan menarik kulit-kulit yang mulai membentuk guratan wajah . Lalu , ada juga terapi menggunakan rumput laut . Ini sangat praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah . Kita hanya cukup mandi dan berendam dengan air yang juga dipenuhi dengan rendaman rumput laut . Menurut para ahli ,rumput laut mmiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga jika digunakan pada kulit akan berefek baik dan bisa menghilangkan / mengangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang ada pada kulit . Dengan begitu , kulit-kulit yang nampak tua / kelihatan bersisik dan kering bisa dihilangkan dengan rumput laut ini.Kira-kira itulah beberapa metode yang saya ketahui dari berbagai sumber dan media .
Tapi semua itu kembali pada individunya masing-masing . Kalau menurut saya pribadi , nggak ada salahnya menjaga dan merawat diri selama itu masih pada tempatnya dan tidak mengubah apapun,hanya merawat J . Lalu masalah penuaan , itu hal yang wajar dan semua orang pasti mengalaminya , mau dipermak kayak apa juga semua endingnya  bakalan ngrasain tua kok . Yang menarik menurut saya adalah , cara menekan / menghambat penuaan dini . Penuaan bukan hanya terjadi secara fisicly dan visual aja , tapi cara pemikiran dan jiwanya pun juga otomatis akan terbaw .
Menurut saya , mencegah penuaan itu lebih baik diolah lewat sikap dan sifat individunya sendiri . Bukan memprioritaskan hanya pada kerutan wajah saja yang ditanggulangi , tapi akan lebih baik , benar-benar alami , dan berefek samping positif , yaitu melatih control diri sendiri , istilah nya apa yaa..self-mind-control atau apalah namanya terserah . Dengan cara mengendalikan dan mengolah emosi . Jangan mudah marah , jangan biarkan berpikir terlalu “ngoyo” dan  jangan ijinkan terlalu sering sakit , sakit hati juga jangan hehe . Selalu berpikiran positif , sering tersenyum(tapi yang wajar-wajar aja) Nikmati hidup ini dengan selalu bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan pada kita , karena hidup cuma sekali buat apa dibikin susah ? Jalani apa adanya dan syukuri apa adanya .
Cantik dan muda tidak selalu harus permak total fisicly saja , membuat awet muda dan selalu cantik itu akan lebih permanen jika dilakukan secara seimbang luar dan dalam dan sebaiknya  kita mulai dulu dari dalam . Ya ! dari hatimu dan dari jiwamu J .
Jadi intinya , kecantikan seseroang itu tidak hanya terlihat dari luar nya saja . Cantik sempurna adalah cantik luar dalam .

0 your comment:

Posting Komentar