Rabu, 01 Februari 2012

Mengatasi Cegukan ?

Mengatasi Cegukan ?


Cegukan . Hal yang biasa kita dengar dan terjadi diantara kita , bahkan kita semua pasti pernah mengalaminya . Cegukan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan terkadang terasa sesak di dada jika sudah terlalu lama terjadi . Apalagi jika terjadi di tempat umum yang banyak orang dan dalam situasi yang serius , penuh pengahayatan , dan hening . Duhh..enggak banget deh -___-
Sebelum terlalu jauh , mari kita kenalan dulu sama tokoh yang satu ini . Sebenarnya , apa sih cegukan itu ?
Secara awam , cegukan adalah gejala dimana kamu merasa ingin tersedak dan seperti ada yang mendorong dalam dari dalam dada naik ke kerongkongan dan ingin melompat dari dalam mulut meskipun akhirnya yang keluar hanyalah suara aneh bernada dasar “hhikk..” atau model nada cegukan lainnya , tergantung kualitas dari pita suara si penderita cegukan , relative . (apa sih ini..ga jelas ya -__-)
Oke serius . Cegukan adalah suatu kondisi dimana tekanan CO2 (P CO2) didalam alveola mengalami peningkatan yang drastic . Hubungan kesebandingan terbaliknya , otomatis jumlah CO2 di dalam alveola pun turun drastic . Intinya , jika jumlah CO2 turun , maka P CO2 naik (di dalam alveola) . Hal ini akan mempengaruhi terjadinya proses respirasi normal pada manusia khususnya mengurangi proses difusi dalam alveola . Jika PCO2 dalam alveola naik maka  P CO2 dalam plasma juga naik yang berakibat pada Ph darah menjadi turun , keseimbangan asam basa tubuh terganggu , lalu akan di normalkan oleh super-buffer dalam tubuh kita (ginjal dan respirasi) …bla..bla..bla..(udah nggak usah jauh-jauh bahasnya nis :/ )
Apa penyebab perubahan PCO2 dalam tubuh ?
Mudah , P CO2  dapat berubah – ubah sangat cepat mengikuti kecepatan ke dalam / ke luar pernafasan . Khusus kasus cegukan ini , penyebabnya adalah karena pernafasan yang lambat dan dangkal (hipoventilasi) .
Bagaimana cara mengatasinya ?
Tidak perlu repot-repot dan susah-susah mencari cara mengatasi cegukan , cukup dengan ritual ini saja :
Untuk mengatasinya , diusahakan agar jumlah CO2 dalam darah bertambah dan menormalkan keseimbangan asam basa tubuh . Sangat simple dan nggak butuh modal banyak , cukup dengan menarik nafas dan menahannya atau bernafas melalui hidung dan mulut yang ditutup dengan secarik kertas (ini berarti kita menghirup nafas dari udara yang tinggi  P CO2 nya ) . Lakukan hal di atas beberapa kali selama beberapa menit . Dengan begitu jumlah CO2 dalam darah pun meningkat . Setelah cegukan , P CO2 darah menjadi 60mmHg dan jumlah total CO2 nya 30 mmol/L .
Oke , itu tadi sedikit tips dari saya . Semoga bermanfaat .

0 your comment:

Poskan Komentar